Rabu, 19 Juni 2013

Teknik Pembinaan Kelas



Disiplin kelas yang baik adalah pengendalian dan pengarahan  segala perasaan dan tindakan orang dalam suatu kelas untuk menciptakan dan memelihara suatu suasana belajar mengajar yang efektif. Tujuan yang ingin dicapai adalah perkembangan dan pertumbuhan secara maksimal dari setiap siswa yang menjadi tanggung jawab sekolah yang bersangkutan. Teknik-teknik pembinaan disiplin tersebut diantaranya adalah

1.      Teknik “inner control”
Maksud teknik innercontrol adalah bahwa control prilaku berasal dari siswa sendiri. Kepekaan akan disiplin harus tumbuh dan berkembang dari dalam diri siswa sendiri. Kesadaran akan norma-norma,peraturan-peraturan, tata tertib yang ditetapkan akan membuat siswa dapat mengendalikan dirinya sendiri.
2.      Teknik “eksternal control”
Maksud dari eksternal control adalah bahwa pengendalian berasal dari luar diri siswa dan hal ini dapat berupa bimbingan dan konseling. Pengendalian diri dapat juga berupa pengawasan tapi yang bersifat hukuman. Pemakaian teknik ini harus disesuaikan dengan perkembangan siswa. Misalnya teknik innercontrol lebih sesuai untuk siswa pendidikan menengah dan tinggi, sedangkan untuk siswa pendidikan rendah lebih sesuai dengan teknik eksternal control.
3.      Teknik “cooperative control”
Maksud dari cooperative control adalah kerja sama antara guru dan siswa. Teknik ini berangkat dari pendapat bahwa disiplin kelas yang baik mengandung adanya kesadaran kerja sama antara guru dan siswa secara harmonis, respektif, efektif dan produktif.
Bentuk-bentuk kerjasama antara guru dan siswa antara lain :
a)      Mengadakan perencanaan secara kooperatif dengan siswa
b)      Mengembangkan kepemimpinan dan tanggung jawab pada siswa
c)      Membina organisasi dan prosedur kelas secara demokratis
d)     Memberikan kesempatan untuk berdiri sendiri, berpikir sendiri, terutama dalam mengemukakan dan menerima pendapat orang lain.
e)      Memberi kesempatan berpartisipasi secara luas sesuai dengan taraf kesanggupan siswa.
f)       Menciptakan kesempatan-kesempatan untuk mengembangkan sikap-sikap yang diinginkan ( social, psikologis dan biologis )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar